Jumat, 25 November 2011

Greenward™ Ridge Vent System Manfaatkan Ruang Plafon Sebagai Pemanas Air Sederhana


Greenward™ Ridge Vent System Manfaatkan Ruang Plafon Sebagai Pemanas Air SederhanaMasih berkisar soal pemanas air, kali ini sebuah teknologi yang bisa dikatakan ramah lingkungan sekaligus hemat dalam biaya operasional dan investasinya akan sedikit diulas.

Pemanas air yang banyak berada di pasaran dan barangkali Anda memiliki salah satu dari sekian banyak merek yang ada, saat ini menawarkan berbagai teknologi, mulai dari pemanas air tradisional yang menggunakan gas atau listrik untuk memanaskan air atau yang lebih modern dan ramah lingkungan yang sepenuhnya mengandalkan energi matahari untuk memanaskan air.




Jika menengok kembali isu pemanasan global dan perubahan iklim, maka teknologi pemanas air tenaga surya menjadi pilihan yang menarik dan paling ideal digunakan di setiap rumah dan bangunan. Hanya saja pemanas air jenis ini masih relatif mahal dan membutuhkan tempat khusus untuk menempatkan sistemnya yang biasanya menggunakan atap rumah sebagai platformnya.

Dari sisi estetika, penempatan di atas atap kurang tepat dan akan merusak penampilan rumah, meski dari sisi teknis hal tersebut benar, mengingat sinar matahari dapat dimanfaatkan secara langsung oleh sistem pemanas air tenaga surya.

Solusinya, sebuah perusahaan mencoba menawarkan sebuah sistem pemanas air yang menghilangkan semua kekurangan sistem yang ada saat ini. Alih-alih ditempatkan di atas atap, sistem tersebut memanfaatkan ruang di antara atap dan plafon untuk memanaskan air yang kemudian disimpan di sebuah tangki yang ditempatkan di suatu ruangan dalam rumah atau bangunan.

Menurut Energy Alternatives, LLC, Greenward™ Ridge Vent System yang dikembangkannya memanfaatkan panas yang biasanya selalu ada di dalam rumah atau bangunan yang memiliki ruang antara plafon dan atap. Oleh perusahaan tersebut, ruangan itu dimanfaatkan sebagai oven atau tungku untuk memanaskan air.

Greenward™_Ridge_Vent_System.Dengan desain ventilasi yang sedang dalam proses paten, Greenward™ Ridge Vent System membuat bagian akhir dari sirkulasi udara dalam ''tungku'' tersebut menjadi tempat dengan suhu tertinggi yang cukup untuk menaikkan suhu fluida kerja yang berupa campuran antara air dan glycol yang mengalir melalui pipa-pipa yang ditempatkan persis di ujung ventilasi.

Panas yang disimpan dalam fluida kerja tersebut selanjutnya dipindahkan ke air melalui heat exchanger dan disimpan dalam tangki, yang sewaktu-waktu bisa langsung digunakan.

Melihat prinsip kerjanya yang sederhana, Anda tidak akan menemui kesulitan jika ingin mencoba mereplika Greenward™ Ridge Vent System, dengan syarat Anda harus memahami prinsip termodinamika fluida dan sistem ventilasi di rumah Anda



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Reviews