Sabtu, 07 April 2012

Tips Menciptakan Kantor Ramah lingkungan


Banyak sumber daya terbuang percuma di kantor, mulai dari kertas, listrik hingga biaya transportasi. Namun memangkas pemborosan dan menciptakan tempat kerja yang ramah lingkungan bukanlah hal yang sulit. 
Berikut langkah-langkah untuk memulainya:
Singkirkan semua peralatan dapur yang terbuat dari plastik. Beli satu set peralatan logam sebagai ganti pisau, garpu dan sendok plastik sekali pakai. Alat-alat dari logam akan mengurangi sampah dan biaya. Jangan lupa memasang pengumuman agar rekan-rekan kerja Anda mencuci sendiri peralatan makan dan minum setelah mereka selesai menggunakannya, sehingga peralatan dapur bersih selalu tersedia. Seiring dengan waktu Anda bisa mengganti semua peralatan dapur plastik dan kertas Anda dengan peralatan logam dan menyumbangkan peralatan plastik lama, seperti Tupperware, kepada yang memerlukannya.
Gunakan sistim penyaring air. Sistim penyaring air bisa menjadi investasi jangka panjang yang bermanfaat. Sistim tersebut bisa menghilangkan partikel, bahan kimia dan bakteri yang tidak diinginkan dalam satu kali instalasi. Biaya operasional sistim ini juga lebih rendah dibanding bila Anda harus membeli air galon isi ulang. Produsen sistem penyaring air ini biasanya juga memiliki standar kualitas yang lebih baik dibanding dengan produsen air isi ulang.


Biarkan cahaya matahari masuk. Cari lokasi yang memungkinkan cahaya alami masuk ke kantor Anda. Kantor dengan banyak jendela memungkinkan cahaya matahari masuk secara maksimal. Untuk menerangi sudut kantor yang gelap, Anda bisa mengganti bola lampu biasa dengan lampu hemat energi atau LED. Selain hemat energi, lampu LED juga lebih awet dan tahan lama.
Hemat energi. Menurut “The Daily Green”, 90% komputer desktop tidak optimal dalam mengelola energi. Namun Anda bisa mengaktifkan fitur  hemat energi di komputer desktop Anda dengan mudah. Mematikan komputer saat Anda ke luar kantor juga akan menghemat energi secara signifikan. Koneksikan semua peralatan komputer ke regulator listrik yang memiliki tombol hidup/mati dan lampu sinyal sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mematikannya ketika kantor tutup. Dan jangan lupa untuk mematikan lampu.
Hemat kertas. Anda bisa mendigitalisasi semua dokumen Anda dan menyimpannya secara online dengan bantuan komputer sehingga Anda bisa menghemat ruang dan biaya. Bila dibutuhkan, gunakan kertas daur ulang untuk semua kebutuhan kantor Anda. Energi yang diperlukan untuk memroduksi kertas daur ulang 60- 70% lebih hemat dibanding energi yang diperlukan untuk memroduksi kertas baru. Ciptakan program daur ulang di kantor Anda dan letakkan tempat daur ulang kertas di dekat printer sehingga mudah dicapai.
Galakkan program berbagi tumpangan (ride sharing). Pasang papan pengumuman di ruang istirahat atau ruang umum lain bagi mereka yang perlu tumpangan. Praktik ini bisa menghemat bahan bakar, meningkatkan solidaritas pegawai dan mengurangi kemacetan.
Bentuk klub ramah lingkungan. Menciptakan tempat kerja yang ramah lingkungan dan hemat energi adalah proses yang berkelanjutan. Kirim email dan ajak rekan-rekan kerja Anda untuk bergabung. Adakan pertemuan setidaknya sekali sebulan untuk berdiskusi mengenai ide dan cara menyelamatkan lingkungan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Reviews